Minggu, 10 April 2011

Soto Ayam Kuali-qu, Semarang Bangets!

Soto Ayam Kuali-qu ngepul dihidangkan/ foto-foto: Safari TNOLSoto Ayam Kuali-qu ngepul dihidangkan/ foto-foto: Safari TNOLSOTO! Ah, makanan yang satu ini pastinya sangat beragam. Apakah itu dari bentuk hingga citarasanya yang boleh dibilang kerap melakukan pendekatan kedaerahan. Sebut saja Soto Madura, Kudus, Semarang, Lamongan hingga Coto Makasar. Semua pada ‘unjuk gigi’ dengan citarasa dimana asalnya demi menarik konsumen. Nah, satu diantara masakan soto yang berbau daerah itu adalah Soto Ayam Kuali-qu.

Cita rasa Soto Ayam Kuali-qu ini condong kedaerah Semarang Jawa Tengah. Karena Soto Ayamnya  menggunakan bumbu sesuai resep daerah Semarang. Selain itu, mangkok sebagai tempat sajiannyapun didatangkan langsung dari ‘kampong’ asalnya.

'Amunisi' lain yang kalah mantap...'Amunisi' lain yang kalah mantap...“Kuah soto khas Semarang berkaldu dan tidak bersantan sehingga mempunyai rasa khas Semarang,” ujar Nugraheni Pangestuti (34), pemilik Soto Ayam Kuali-qu.

Untuk menciptakan cita rasa khas Semarang, kuah soto dimasak dengan kuali tanah liat. Sementara bumbu – bumbu kuah soto merupakan racikan aneka bumbu tradisional pilihan. Sebelum dimasak menjadi kuah, bumbu – bumbu tersebut disangrai hingga mengeluarkan aroma yang khas.
Sedangkan untuk menimbulkan aroma wangi yang kuat, kuah soto ditaburi bawang putih goreng. Satu lagi, daging ayam yang disajikan dalam soto tersebut juga berasal dari ayam kampung sehingga rasa dagingnya mantap untuk dinikmati.

“Saya membuka kedai soto ayam khas Semarang juga untuk memenuhi keinginan orang Jawa untuk menikmati soto. Karena selama ini agak susah mencari soto yang khas Semarang,” ucapnya.
Setelah kedai soto tersebut dibuka Maret 2010 lalu, ternyata pelanggannya bukan hanya dari Jawa Tengah. Orang – orang dari Jawa Barat pun ternyata menyukainya. Bahkan menjadi pelanggan tetap. “Setelah dinikmati ternyata rasanya cocok,” ungkapnya bangga.

Lengkap dengan yang lain...Lengkap dengan yang lain...Memangnya apa sih bumbu Soto Ayam Kuali-qu sehingga membuat orang merasa cocok dengan rasanya? Menurut Hanny, panggilan akrabnya, sedikitnya ada lima bumbu agar kuah soto menjadi nikmat. Diantaranya kemiri, lada, bawang putih, ketumbar dan kunyit. Bukan itu saja, untuk menambah aroma wangi, kuah soto juga diberikan daun sereh, salam dan jeruk.

Ketika dinikmati, Soto Ayam Kuali-qu memang terasa beda dengan soto lainnya. Daging ayamnya terasa khas ayam kampung yang berserat. Tekstur kuah sotonya yang gurih dengan rasa bawang putih pun terasa pas dan cocok di lidah.  Untuk bisa menikmati Soto Ayam Kuali-qu pun tidak mahal sehingga dengan uang yang pas– pasanpun Anda bisa menikmati soto ayam khas Semarang ini.

Satu mangkuk soto ayam campur nasi dibanderol Rp 5 ribu. Sementara jika nasinya dipisah harus menambah uang Rp 2500. Dan jika ingin merasakan sate telur puyuh yang berisi empat butir juga harus menambah lagi Rp 3 ribu. Sedangkan perkedel kentang Rp 2 ribu.

“Harga tidak terlalu mahal, karena saya ingin memperkenalkan dulu cita rasa soto ini ke masyarakat,” paparnya.

Setelah melahap dan merasakan nikmatnya soto ayam khas Semarang ini, jika Anda ingin menambah hangat tenggorokan maka bisa menikmati wedang jahe yang merupakan buatan asli Hanny. Satu cangkir wedang jahe dibandrol Rp 3000.  Selain wedang jahe, ada juga minuman lainnya seperti tes manis, es jeruk dan  jus buah jambu biji merah dan mangga yang menyegarkan.

Soto Ayam Kuali-qu
Jl Raya Bogor Km 46, Cibinong Bogor
Telp : 08787-0000-118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar