Rabu, 13 April 2011

Kaligrafi Islam Bentengi Rumah Dari Gangguan

Foto :IstimewaFoto :safari sidakatonKALIGRAFI tak Cuma menarik sebagai hiasan di rumah tapi juga sering dianggap bisa membawa berkah bagi penghuni rumah tersebut. Tak salah, kalau banyak umat Islam khususnya membeli kaligrafi berbagai corak untuk menghiasi rumahnya.

Ada pula yang meyakini memasang kaligrafi yang bertuliskan huruf Arab ini juga bisa membantu menghalau beragam gangguan dari mahluk halus. Benarkah?

Memasang kaligrafi Islam merupakan salah satu bentuk untuk membuat suasana rumah layaknya seperti di surga. Hal inilah yang mendorong Ika Hestiani, menjual beragam kaligrafi Islam dengan berbagai bentuk dan ukuran. Ika Hestiani membuka stand kaligrafi Islam ini diajang Pesta Produk Dalam Negeri yang digelar Pemda Bogor. Stand Ika ini bernomor 22 atau terletak didekat pintu keluar Timur.

Foto :IstimewaFoto :safari sidakatonMenurut Ika, selain mendatangkan keberkahan, rumah yang memasang kaligrafi Islam  juga bisa menjadi satu pembelajaran bagi anak – anak di rumah. Dengan memasangnya maka anak – anak akan memahami setiap makna yang terkandung dalam kaligrafi tersebut. Bila telah memahami maknanya maka anak – anak akan menjauh dari perbuatan – perbuatan yang dilarang agama.

“Kaligrafi menjaga rumah dan barokah sehingga akan bermanfaat. Untuk rumah – rumah muslim dari pada memasang gambar – gambar yang tidak jelas maka akan bermanfaat jika memasang kaligrafi Islami,” jelasnya.
Foto :IstimewaFoto :safari sidakaton
Kaligrafi Islam yang dijual Ika merupakan penggalan surat atau ayat kitab suci Alquran seperti Ayat Kursi, Surat Yasin dan lainnya. Oleh karena itu dengan memasang lapadz – lapadz dari kitab suci Alquran ini maka rumah akan menjadi berkah.

Diantara yang dijualnya adalah kaligrafi   yang bertuliskan Surat At Tahrim ayat 6 yang artinya “Hai orang – orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”

“Memasang kaligrafi religi juga bisa sebagai doa,” jelasnya.

Maksudnya doa karena dengan kaligrafi Islam ini maka aura dari surat atau ayat Alquran tersebut akan memancar sehingga rumah akan menjadi sejuk dan nyaman. Ini tentu yang diharapkan semua pihak agar suasana rumah menjadi teduh, nyaman dan bebas dari berbagai macam bencana dan malapetaka.
Mengenai harga, Ika menjual dengan harga yang terjangkau karena setiap kaligrafi Islam berbahan kulit kambing dengan pigura kayu berukuran 1 x 0,5 meter dijual dengan harga Rp 124 ribu. Sementara yang berukuran kecil yakni 0,5 x 0,5 meter dijual dengan harga Rp 35 ribu.
Foto :IstimewaFoto :safari sidakaton
Kaligrafi Islam yang dijual Ika juga termasuk yang berkualitas dan merupakan hasil tulisan tangan. Untuk pewarna menggunakan warna yang berkualitas dan menggunakan cating seperti yang dilakukan ketika ngebatik. Dengan warna yang berkualitas ini maka tulisan kaligrafi tidak akan luntur jika terkena sinar matahari.

“Tulisan kaligrafi tidak disablon sehingga tulisannya tidak akan luntur terkena sinar,” paparnya.

Semua kaligrafi Islam tersebut merupakan produksi tangan ayahnya yang beralamat di Kp Sukaraja Bogor. Karena menjual produk yang berkualitas, sambung Ika, maka prospek penjualan kaligrafi Islam yang digelutinya sangat cerah.

Apalagi penjual kaligrafi Islam saat ini belum banyak saingan jika dibandingkan dengan berjualan pakaian atau mainan. “Karena propeknya bagus, sepertinya saya akan tetap jualan kaligrafi Islam. Saingannya belum banyak,” tegasnya.

Saat ini, semua hasil kerajinan tangan yang dilakukan ayahnya telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia seperti Makasar, Sumatera dan Kalimantan. Bahkan ada satu produsen di Makasar telah memesan sebanyak 100 pcs kaligrafi yang berukuran besar dan kecil.

Selain menjual kaligrafi religi, Ika juga menjual beragam macam handycraft lainnya seperti souvenir untuk pernikahan, miniatur kendaraan berupa motor, mobil, sepeda dan becak yang terbuat dari kayu. Semua produk itu juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar